1. Pengaturan sudut kemiringan ban tidak lurus
Penyebab ban mobil habis sebelah yang utama adalah pengaturan sudut kemiringan ban tidak lurus. Bagian antara permukaan ban tidak sama-sama rata menyentuh jalan sehingga ada bagian yang lebih condong ke luar dan tergerus aspal lebih dulu. Kondisi ini pastinya akan membuat sisi dalam ban lebih mudah aus karena bergesekan lebih keras dengan jalan.
Biasanya, pengaturan sudut yang tidak lurus ini terjadi saat penyetelan spooring. Setelan toe in dan toe out jauh dari nilai standar sehingga menyebabkan aus.
2. Setelan suspensi
Di samping pengaturan sudut ban yang kurang lurus, penyebab ban mobil habis sebelah bisa pula dikarenakan setelan suspensi.
Kondisi tersebut terkait dengan sudut tapak ban ke tanah yang tidak pas tegak lurus dengan tanah, entah itu menyebabkan ban miring ke dalam atau luar.
Kalau ada sisi permukaan ban yang lebih miring, maka sudah pasti membuat area tersebut lebih cepat aus bergesekan dengan jalan.
Selain itu, suspensi yang kurang pas berpengaruh pula pada camber. Bila sisi bawah ban miring ke arah luar, maka dikatakan membentuk camber negatif sehingga bagian dalam ban yang akan terkikis lebih cepat.
Sebaliknya, bila sisi bawah ban miring ke arah dalam, maka akan membentuk camber positif dengan bagian sisi luar ban aus duluan.
Hal ini perlu diperhatikan karena fungsi suspensi juga vital untuk keseimbangan mobil saat berkendara.
3. Tekanan angin
Tekanan angin pada ban yang tidak sesuai dengan pedoman juga bisa menjadi penyebab ban mobil habis sebelah. Kalau ban terlalu sedikit menerima tekanan angin, maka sisi permukaan luarnya lah yang akan cepat aus.
Sedangkan, apabila tekanan terlalu tinggi melebihi pedoman, maka sisi bagian tengah yang lebih mudah terkikis lebih dulu.

sumber : auto2000
Seberapa botak toleransinya Kak?
jika sudah tidak nyaman dirasa mungkin bisa segera diganti untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara pak