Tips Mudik Yang Aman

Mudik biasa nya dilakukan setahun sekali disaat hari raya untuk berkumpul dengan sanak saudara dan keluarga. untuk mudik sendiri juga ada yang jarak nya jauh dan dekat, ada yang membutuhkan waktu lama atau pun sesaat saja.

Dikutip dari KlikAsuransiku.com ini ada beberapa Tips Mudik yang Aman atau bisa menjadi Panduan sebelum mudik.

  1. Cek kondisi kendaraan
    Jika akan melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi, maka memeriksakan kondisi fisik kendaraan wajib dilakukan. Mintalah mekanik untuk memastikan kendaraan dalam kondisi yang layak dan prima untuk dipakai perjalanan mudik. Hal-hal penting yang harus diperhatikan adalah seperti pergantian oli, pemeriksaan kondisi kampas rem, persediaan ban cadangan, hingga kelengkapan perkakas seperti dongkrak, kunci pas, dan pompa. Semua hal tersebut perlu dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya kerusakan di tengah perjalanan.
    Bagi pemudik yang akan menggunakan motor, selain juga harus memeriksakan kondisi kendaraan, penting untuk mempersiapkan diri dengan jas hujan celana dan baju. Seringkali kondisi cuaca tidak bisa diprediksi.
  2. Bekali diri dengan informasi sebanyak-banyaknya
    Dengan hadirnya banyak infrastruktur baru tiap tahunnya, penting untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya, mulai dari bertanya kepada teman-teman hingga mengikuti berita perkembangan arus mudik. Tujuannya adalah agar bisa memahami situasi dan suasana yang akan dilalui nanti, terutama kondisi jalanan, hal-hal yang harus diwaspadai, hingga lokasi-lokasi yang bisa menjadi tempat beristirahat.
  3. Jangan mengenakan perhiasan berlebihan
    Saat melakukan perjalanan mudik, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, sebaiknya tidak mengenakan perhiasan seperti anting atau kalung emas. Perhiasan yang mencolok dapat menarik perhatian orang-orang yang berniat jahat. Ingatlah bahwa kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat, tapi karena ada kesempatan.
  4. Hindari membawa uang tunai terlalu banyak
    Sebelum berangkat, hitunglah dengan saksama keperluan uang tunai yang dibutuhkan sepanjang perjalanan mudik. Paling tidak cukup untuk membeli makanan dan minuman selama di perjalanan. Biarkan uang bekal mudik tersimpan di rekening.
  5. Kenakan pakaian yang nyaman
    Penting untuk mengenakan pakaian yang nyaman selama perjalanan mudik. Pakaian bagus tapi terlalu banyak pernak-perniknya bisa menghambat mobilitas dan menguras tenaga.
  6. Jangan paksakan diri saat berkendara
    Bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi, lekaslah berhenti jika sudah merasa lelah. Carilah tempat beristirahat yang teduh dan aman. Manfaatkan waktu semaksimal mungkin agar kondisi tubuh kembali fit.
  7. Mencatat nomor-nomor penting
    Persiapkan sebuah buku saku yang berisi nomor-nomor penting dalam daftar kontak smartphone, seperti nomor telepon ambulans, polisi dan pemadam kebakaran. Tuliskan pula nomor kerabat yang bisa dihubungi untuk kondisi darurat.
  8. Menjaga kondisi tubuh
    Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya tidurlah yang cukup, minimal 6-7 jam. Tujuannya adalah untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar saat melakukan perjalanan.
  9. Bekali diri dan keluarga dengan asuransi
    Agar perjalanan mudik semakin nyaman dan aman, bekali diri dengan produk asuransi, seperti asuransi jiwa atau asuransi kecelakaan. Asuransi akan melindungi dan mengurangi kekhawatiran jika terjadi sesuatu ketika perjalanan mudik, seperti musibah atau bencana alam. 

Selamat Mudik 🙂

sumber : klikasuransiku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.