Cara Mengatasi Mobil saat Overheat

Kemarin sudah dijelaskan penyebab mobil overheat, nah pada saat mobil anda mengalami overheat anda jangan merasa Panik atau bingung mau ngapain. Terutama bagi anda yang belum memahami betul tentang mengendarai mobil.

Dikutip dari gofleet.id berikut adalah cara untuk mengatasi mesin mobil saat overheat.

1. Matikan AC

Salah satu langkah terbaik yang harus dilakukan adalah dengan mematikan mesin AC. Hal ini dikarenakan jika mesin AC dimatikan, maka akan membantu menurunkan suhu mesin mobil yang panas berkat AC tersebut. 

2. Matikan Mesin Mobil

Langkah kedua yang cukup membantu dalam mengatasi mobil overheat adalah dengan mematikan mesin mobil. Usahakan untuk menepikan mobilmu dan selalu memperhatikan petunjuk temperatur. Jika temperature semakin turun, segera matikan mesin mobil saat itu juga. 

3. Memposisikan Kunci Mobil di “ON”

Setelah mematikan mesin mobil, posisikan kembali kunci mobilmu ke posisi “ON” supaya kipas radiator tetap berputar. Hal ini berguna untuk mendinginkan air radiator, dan bisa menurunkan kondisi suhu yang meninggi di mobil. 

4. Memperhatikan Kondisi Jalan

Jika suhu mobil sudah cukup berkurang dengan menjalankan 3 langkah di atas, pengendara bisa melanjutkan kembali perjalanan dengan memperhatikan kondisi jalan. Jika kondisi jalan macet, lebih baik tidak melanjutkan perjalanan hingga lancar kembali. Sangat disarankan untuk melanjutkan perjalanan jika kondisi jalanan lancar agar tidak menimbulkan overheat kembali. Hal ini dikarenakan kemacetan dapat membuat mobil menjadi overheat. 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi mobil overheat saat di perjalanan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah mobil overheat di perjalanan adalah dengan senantiasa mengecek kondisi radiator sebelum memulai menyetir. Jalankan mobil dengan kondisi stabil juga ya agar mencegah terjadinya overheat. 

Sumber : gofleet.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.