Penyebab Rem Mobil Blong Yang Harus Diketahui

Sebagai salah satu sistem keselamatan paling penting di dalam mobil, pengereman harus berfungsi dengan maksimal setiap digunakan. Namun ketika rem ambles atau sudah blong, maka sistem pengereman tidak mampu bekerja dengan baik. Bahkan tidak berfungsi sama sekali. Hal ini membuat kecelakaan semakin mudah terjadi. Masalah ini memiliki berbagai penyebab yang dapat di ketahui melalui informasi di bawah ini.

1. Kurangnya Minyak Rem

Penyebab pertama dari masalah rem blong adalah kekurangan minyak rem. Kondisi ini membuat sistem pengereman mobil menjadi semakin sulit untuk dikendalikan. Hasilnya apa? Ketika mobil melaju dan ingin dihentikan, maka rem tidak akan bekerja maksimal. Mobil menjadi sulit berhenti, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan ketersediaan minyak rem dalam kondisi yang cukup

2. Kualitas Minyak Rem yang Buruk

Minyak rem terdiri dari berbagai macam merek. Tentu saja hal ini membuat kualitas yang dihadirkan juga berbeda-beda. Kondisi ini membuat Anda harus menggunakan kualitas minyak rem yang baik. Jika malah menggunakan minyak rem dengan kualitas buruk, sudah pasti dapat memengaruhi suhunya. Suhunya bahkan bisa menjadi lebih tinggi di atas tingkat kewajaran dan membawa masalah, seperti rem blong ini. 

3. Dipengaruhi Uap Air

Ya, uap air juga bisa menjadi penyebab dari rem blong. Mengapa hal ini bisa memengaruhi? Ketika ada udara masuk ke dalam sistem pengereman, maka muncul uap air. Uap air ini dihasilkan dari proses oksidasi. Sayangnya, keberadaan uap air dapat mengganggu sistem pengereman mobil Anda. Ketika dibiarkan terus menerus, uap air mampu membuat minyak rem terasa panas.

Ketika minyak terasa panas, sistem pengereman pun terganggu sehingga tekanan di dalamnya turun yang mengakibatkan rem tidak bisa berfungsi dengan optimal.

4. Sering Menginjak Pedal Rem Terlalu Lama

Kebiasaan sering menginjak pedal rem terlalu lama dapat menyebabkan blong. Masalah ini muncul karena adanya gaya gesek antara pedal dengan kaki secara terus menerus. Akibatnya, kaliper pun menjadi panas dalam jangka waktu yang lama. Kaliper yang terus panas membuat rem mengalami disfungsi hingga akhirnya bisa menjadi blong.

5. Jarang Dirawat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jarang merawat sistem pengereman juga mampu menyebabkan masalah blong. Perawatan sistem pengereman memang tidak boleh terlewatkan. Fitur dari komponen ini sangatlah penting dalam menjaga keselamatan diri Anda beserta keluarga selama berkendara. 

yaps, itu adalah beberapa penyebab rem blong. Tetaplah melakukan perawatan bilaperlu melakukan perawatan dibengkel kepercayaan anda.

sumber : Auto2000

Leave a Reply

Your email address will not be published.