Penyebab Sasis Mobil Keropos

Penyebab sasis mobil cepat keropos itu dipengaruhi oleh beberapa hal. Jika sasis mobil mulai keropos segeralah cari tahu penyebab nya serta segera melakukan perbaikan.

Dikutip dari domorustandprotection.com dibawah ini beberapa penyebab Sasis pada Mobil mengalami Keropos

  1. Usia Sasis, Memang tidak bisa dipungkiri waktu adalah sesuatu yang tidak bisa dilawan. Perawatan sebaik apapun tetap tidak bisa melawan “umur sasis”. Lama kelamaan sasis mobil akan lebih rapuh dan akhirnya bisa patah. Namun perawatan yang baik akan membantu sasis mobil kuat sampai batas waktu pemakaian.
  2. Bahan yang Jelek, Kasus ini sering dialami pemilik mobil yang senang melakukan modifikasi. Dengan alasan “upgrade performa”, part mobil diganti dengan yang tampilannya lebih menarik, memberikan performa mobil lebih oke, tetapi bahan part tersebut ternyata kurang kuat dan tidak tahan karat. Akibatnya, sasis mobil keropos pun bisa lebih mudah dan cepat terjadi pada mobil Anda
  3. Terlalu Sering Membawa Barang Berat, Faktor ini juga kerap terjadi dimana mobil seringkali dipaksa membawa barang melebihi kapasitas maksimumnya. Misalnya mobil keluarga yang sering dipaksakan membawa barang untuk pindahan. Atau keluarga yang sering membawa anak kecil dan lompat-lompat di dalam mobil. Seiring waktu, ketahanan sasis mobil bisa berkurang dan akhirnya mencapai titik “jenuh” sehingga lebih mudah keropos.
  4. Karat atau Korosi, Faktor penyebab keropos lainnya adalah adanya karat atau korosi, terutama di bagian kolong mobil. Sangat umum dialami pemilik mobil yang beraktivitas di daerah pesisir, berlumpur, ataupun banyak lubang genangan air.

Cara Mencegah Penyebab Sasis Mobil Keropos

Untuk menjaga sasis mobil tetap baik dan terawat, menjaga kolong mobil sangatlah penting. Karena kolong mobil adalah sumber karat. Kolong mobil kerap terkena cipratan air dan lumpur sehingga resiko karat di bagian tersebut menjadi sangat besar

Memang umumnya mobil-mobil baru telah melapisi kolong mobil dengan cat anti karat. Namun kondisi jalan tidaklah menentu. Batu-batu dijalanan bisa saja mental dan “loncat” ke arah kolong mobil dan menyebabkan lecet pada bagian kolong. Lecetnya bagian kolong ini menyebabkan lapisan anti karat menjadi rusak sehingga menjadi titik masuk karat atau korosi.

Oleh sebab itu, penggunaan anti karat tambahan yang berbahan karet atau rubber menjadi sesuatu yang perlu dilakukan. Bahan rubber ini dapat menahan batu yang lompat di kolong mobil sehingga resiko lecet dan rusaknya anti karat menjadi minimal.

Itulah Penyebab dan cara mengatasi keropos pada sasis mobil. tetaplah melakukan perawatan mobil anda di rumah atau di bengkel kepercayaan anda.

Sumber : domorustandprotection.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.