Penyebab Indikator Bensin Eror

Indikator Bensin pada kendaraan merupakan komponen penting dan wajib dalam keadaan normal. Karena tanpa melihat Indikator Bensin maka kita akan direpotkan ketika akan mengecek sisa bensin yang ada di dalam kendaraan kita. Kita diharuskan melihat langsung volume bensin didalam tanki bensin tersebut. Indikator bensin terkadang juga rusak dan error maka harus kita ketahui penyebab nya supaya kita bisa memperkirakan kapan kita harus mengisi bensin dan perkiraan jarak yang dapat ditempuh dengan sisa bensin yang ada.

Dikutip dari Garasi.id dibawah ini merupakan penyebab Indikator bensin pada mobil menjadi error yang harus kita ketahui supaya kita bisa mencegah kerusakan semakin parah.

1. Pelampung

Pelampung yang ada didalam tangki memiliki kumparan. Jika usia mobil sudah diatas 5 tahun, kumparan tersebut biasanya sudah mulai melemah. Karena kumparan tersebut digunakan untuk mengirim sinyal indikator yang ada di dashboard maka dampaknya tentu membuat sinyal yang dikirimkan tidak akurat.

2. Kumparan Pada Indikator

Selain di pelampung, di indikatornya sendiri juga memiliki sebuah kumparan. Jika kondisinya sudah lemah tentu jarum yang bergerak tidak akurat atau tidak sesuai dengan sinyal dari pelampung. Bahkan sering juga ditemui kumparan ini putus, akibatnya jarum sama sekali tidak bergerak.

3. Parkir Dalam Kondisi Menanjak

Jika kondisi pelampung didalam tangki masih normal, ini tentu tidak menjadi masalah. Namun jika kondisinya sudah agak berumur, maka ketika parkir dalam kondisi menanjak kerap pelampung tidak kembali ke posisi semula. Akibatnya jarum indikator kalau tidak berada di huruf F ya berada di huruf E atau tidak bergerak. Pada jenis digital juga sering terjadi demikian namun kasusnya berbeda. Kalau jenis digital hal tersebut sudah biasa dan tentunya bukan masalah pelampungnya. Sistem digital kurang responsif, jadi ketika mobil sudah berjalan beberapa meter maka jarum indikator akan kembali seperti semula.

Nah itulah penyebab indikator bensin menjadi error. Lakukan lah perawatan kendaraan anda dirumah atau pada bengkel kepercayaan anda.

Sumber : Garasi.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.