
Mesin SOHC yang memiliki kepanjangan Single Overhead Camshaft adalah mesin yang menggunakan satu camshaft untuk menggerakkan silindernya, entah tiga, empat, atau enam silinder. Camshaft ini diletakkan pada bagian tengah kepala silinder yang berfungsi untuk mengatur bukaan dari katup masuk dan juga katup buang.
DIkutip dari autofun.co.id , dibawah ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan mesin SOHC pada mobil.
Kelebihan Mesin SOHC
SOHC memiliki konstruksi yang sederhana dibandingkan DOHC. Teknologi SOHC modern dikembangkan supaya bisa melakukan buka-tutup 4 klep (2in-2out).
Pengaturan buka-tutup klep digerakkan oleh rocker arm (pelatuk) yang terhubung langsung dengan noken as. Pemakaian satu camshaft pada mesin jenis ini membuat performa yang dihasilkan pada putaran rendah lebih baik dan lebih efisien dalam pengolahan bahan bakar.
Dengan demikian, mesin SOHC lebih mudah dari sisi perawatan dengan biaya yang lebih murah. SOHC juga lebih irit bahan bakar karena hanya menggunakan satu camshaft sebagai penggerak rocker arm. Kelebihan lainnya yaitu SOHC menghasilkan torsi yang lebih baik di putaran bawah.
Kelemahan Mesin SOHC
Mesin SOHC secara konsep ini diciptakan untuk mesin mobil yang digunakan sehari-hari. Kelemahan dari mesin SOHC ini kemudian disempurnakan dengan hadirnya mesin DOHC. Berikut ini adalah kelemahan dari mesin SOHC yang perlu ketahui.
1. Putaran Atas Berat
Karena hanya menggunakan satu camshaft untuk mengatur kedua katup, putaran atas yang dihasilkan tentunya akan semakin berat. Tarikannya hanya agresif di putaran bawah hingga menengah saja, sehingga lebih cocok untuk aktivitas stop and go perkotaan dan perjalanan santai antar kota.
2. Bukaan Katup yang Kurang Optimal
Kurang optimalnya bukaan katup pada mesin SOHC membatasi asupan BBM dan keluarnya sisa hasil pembakaran saat dibutuhkan. Hal ini kemudian disempurnakan dengan teknologi katup variabel yang dinamakan i-VTEC oleh Honda.
Celah bukaan katup bisa disesuaikan dengan kebutuhan berkendara, sehingga tenaga dan efisiensi yang dihasilkan lebih baik.
3. Besaran Tenaga Kalah Dari Mesin DOHC
Teknologi DOHC di buat supaya busi bisa dipasang di puncak silinder, sedangkan pada SOHC karena cam-nya di tengah maka busi dipasang di sisi silinder. Dengan busi di puncak dan asupan bahan bakar lebih banyak, maka pembakaran bisa lebih rata dan menghasilkan tenaga lebih besar.
Nah itu dia mengenai kelemahan dan kelebihan pada mesin SOHC.
sumber : autofun.co.id